Home > OTOMOTIVE ZONE > Penggantian Bearing (Laher) Roda "Honda New City"

Penggantian Bearing (Laher) Roda "Honda New City"

dsc_0952-rdsc_0951-rBerapa lama umur Bearing (Laher) dapat digunakan, atau kapan waktu yang tepat untuk mengganti Bearing (Laher) Roda….., mungkin pertanyaan itu yang sering muncul dikalangan pengguna kendaraan.

Sebenarnya masa manfaat Bearing tidak ada umurnya, tidak seperti part lain yang perlu diganti entah berdasarkan waktu atau jauhnya kilometer yang ditempuh.

Bagaimana cara mendeteksi adanya kerusakan pada Bearing (Laher), :

1. Suara Dengung

Kerusakan awal dapat dideteksi bila Kita mendengar adanya suara dengung pada bagian roda saat kendaraan berjalan. Suara Dengung itu juga bisa disebabkan dari Ban karena kembang ban yang besar/ kasar. Oleh karena itu Kita harus mencari tau lebih dalam lagi.

2. Getaran

Coba angkat Roda Ban Kendaraan Anda dan putar ban kemudian pegang pada bagian kaki kendaraan. Apabila terasa getaran saat roda berputar maka ada indikasi Bearing (Laher) sudah mulai rusak.

3.Suara yang lebih keras dan kasar

Untuk kerusakan yang lebih parah lagi akan menimbulkan suara yang lebih keras dan kasar pada bagian kaki kendaraan.


dsc_0955-r1dsc_0956-rdsc_0960-rdsc_0961-rBagaimana mengganti Bearing pada Kendaraan

Penggantian Bearing (Laher) untuk setiap Kendaraan berlainan, untuk Kendaraan dengan tipe lama penggantian Bearing (Laher) akan lebih murah dibanding dengan Kendaraan masa sekarang.

Pada Kendaraan lama penggantian Bearing (Laher) cukup membeli Bearing saja oleh karena itu dari sisi biaya akan murah. Sedangkan untuk Kendaraan masa sekarang penggantian Bearing (Laher) harus dilakukan secara satu kesatuan utuh, sehingga menyebankan biaya akan menjadi besar.

Sebagai contoh saya mengambil Kendaraan Honda New City yang sudah dilengkapi sensor ABS.

Langkah-lanhkah yang perlu dilakukan :

  1. Angkat Roda Kendaraan yang akan diganti
  2. Buka Ban Kendaraan
  3. Buka Rem Kendaraan (Disc Breake/ Tromol)
  4. Buka Piringan Rem
  5. Keluarkan Bearing (Laher)

Cukup mudah dan dsc_0964-rdsc_0966-rdsc_0971-rdsc_0975-rsederhana  sekali proses kerjanya…. yang perlu diperhatikan adalah Bearing Roda yang baru tersebut tidak dilengkapi dengan Ring Magnet yang menempel pada bagian luar dan berfungsi untuk control sistem ABS Kendaraan.

Oleh karena itu Kita harus melepas  Ring Magnet dan memasangkannya kembali pada Bearing (Laher) yang baru. Lebih baik pelepasan dan pemasangannya dilakukan dengan mesin press agar kekuatannya lebih merata.

Lakukan langkah-langkah pemasangan Bearing (Laher) sama seperti saat Kita membuka Bearing  (Laher) tersebut.


About these ads
  1. mike
    January 12, 2014 at 1:01 pm

    om nanya dong om, kalo indikator matik honda city 2004 kadang2 suka kedap kedip itu kenapa ya? kalo tune up apa aja sih yg dikerjakan? apa mobil matik perlu di tune up juga? kalo saya rutin n ontime utk ganti oli mesin (5000km) dan oli matik (honda cvt 10000km)…trus tune up bagusnya per berapa km…..trims om….

    • July 12, 2014 at 10:17 am

      Sepertinya tidak perlu tune up Tidak ada yg hrs di stel juga. Biasanya sy hanya beli pembersih cabulator cleaner Gshock saja.. bersihkan sendiri secara rutin 5.000km

  2. teguh
    December 1, 2013 at 9:57 am

    Mau tanya kalau bearing utk roda depan dan belakang merk unifar apakah bagus dan awet utk honda city 2005 vtec? Tks

    • July 12, 2014 at 10:19 am

      Pake barang japan saja lebih terjamin

  3. Angga Ginanjar
    October 25, 2013 at 3:35 pm

    Bang, saya mau tanya, honda city saya th 2005. ada bunyi dengung, kira2 apanya ya? kalo bearing depan sma belakang harganya berapa? thx bang.

  4. ricky
    May 28, 2013 at 2:18 am

    bang, minta recommend dong untuk bengkel…..ane mau ganti laher honda city n seal piston break…yg bagus dmna ya???

    • joni
      September 20, 2013 at 7:07 pm

      kalau liat prosesnya itu sih gampang banget, saya sendiri juga bisa, bahkan di suruh bengkel motor pinggir jalan juga bisa, ongkos paling 50 rebu.

  5. Kosasih
    June 15, 2012 at 1:04 pm

    Mobil sy honda city vtec 2004, baru ganti ban depan, laher/bearing masalah yg ada mobil bersuara bising klo dibawa lari diatas 70km…tolong saran nya apa yg hrs sy perbaiki lg. Thx

    • June 26, 2012 at 7:42 am

      coba saja periksa dulu bagian kaki pastikan semua baik, putar ban seperti langkah dalam artikel. kalo terpenuhi baru ganti laher.

      salam,

  6. geger
    May 13, 2012 at 12:02 pm

    Thank bro toser. City vtec 2005 saya kalo jalan di atas 70km/h mengeluarkan suara bising. Ban kebetulan emang sdh tipis, jadi saya ganti dengan hankook. Tapi tetap bising di kecepatan 70 km/h. Cari diinternet, ketemu blog anda. langsung tancap ke senen, dapet yang kw harga 300rb/pc beli kanan kiri untuk belakang, lgs bawa ke bengkel. dan coba di tol dalam kota. Hilang sdh bisingnya. Thank you so much.

    • Kosasih
      June 15, 2012 at 1:08 pm

      Waktu itu yg diganti apa aj bro, mbl gw jg bising jd nga nyaman bawa nya.

      • geger
        July 31, 2012 at 8:06 am

        laker doang.

  7. Mustari
    June 7, 2011 at 1:44 pm

    Om Toser yg Baik Hati,
    Saya pemakai Honda Accord Maestro ’91 Matic. Ketika sedang jalan, pada kondisi jalan aspal halus/ jalan Tol, ada suara berisik/ BERDENGUNG di bagian Kaki/Roda. Speed makin kencang, suaranya makin keras.
    KONDISI:
    1. Kaki2 (Terod, Balljoint, Karet Bushing arm, Karet Stabilizer) sudah di servis, kecuali Klaher/Bearing.
    2. Menurut saya & menurut Montir bengkel Khusus Kaki. tidak ada kerusakan pada Bearing, karena ketika kedua Ban diangkat, Ban bagian atas & bawah digoyang2, tidak ada yg Otek, alias kencang.
    3. Kondisi Ban 80%, Steer sudah di Spooring.
    4. Ketika sedang berjalan, Transmisi saya pindahkan ke posisi N (Bebas), suara tetap BERDENGUNG.
    PERTANYAAN saya:
    Darimana suara itu berasal, apakah kerusakan pada Bearing atau bagian Part yg lain.
    Mohon Om atau temen2 berkenan membantu.
    Terimakasih banyak sebelumnya.

    • June 8, 2011 at 3:50 am

      Sepertinya itu laher Om….. apa sewaktu kaki diangkat dan ban diputar terdengar suara dengung, suara tidak bersih seperti ada gesekan waktu roda diputar…. bandingkan juga dengan roda lainnya, apa hasilnya sama.

      salam,

      • Mustari
        June 9, 2011 at 10:48 am

        Om Toser,
        Sebelumnya trimakasih atas quick answernya, appreciated..
        Sy sudah cek ke bengkel, ternyata bukan laher. Oleh montir kaki, ban di putar, di pegang shock nya, halus tdk ada getaran> Ban di goyang2 atas bawahpun kencang, tidak Otek.
        Kata Montir, ada 3 penyebab kemungkinan:
        1. Kondisi Ban, memang sudah 50%.
        2. Shock Absorberb support (karet2 dll)
        3. Suara dari mesin matic (sy juga merasakan ada suara yg beasal dr bagian itu)

        Saya sih berharap hanya dari 2 point di atas, soale yg no. 3 biaya nya tinggi Om.
        Trimakasih banyak ya Om.. Salam hangat

  8. estika
    May 11, 2011 at 3:21 pm

    kenapa selalu yang kena bearing belakang ya? aku kemarin baru ganti juga, 1 set shockbreaker belakang dan bearing, abis 1jt, bengkel khusus kaki mobil (akiong) di daerah x-malang. Sebelumnya ganti , di beres 1 juta hanya sebelah saja, hasilnya mengecewakan.

    • Bang Toser
      May 12, 2011 at 11:38 am

      iya memang paling banyak kena yang belakang, mungkin itu salah satu titik lemahnya City.

  9. agus
    May 10, 2011 at 11:04 am

    sangat bermanfaat om
    saya baru ganti laher belakang jazz kanan kiri kena 1 juta padahal dibilang asli sama bengkelnya, berarti part yang saya pakai kw ya om?

    • Bang Toser
      May 11, 2011 at 7:37 am

      kalo part yang beli resmi kemungkinan besar iya……….

  10. dedy
    March 29, 2011 at 2:36 pm

    type bearing nya apa bosss

    • Bang Toser
      March 30, 2011 at 4:53 pm

      Maaf saya lupa, dah cukup lama sih.
      Yang pasti ganti dengan yang Orisinil.

  11. naufal
    February 5, 2011 at 8:22 am

    terima kasih pak utk tutorialnya, sangat membantu sekali karena dilengkapi dgn gambar

    adakan tutorial penggantian karet support SA depan dan belakang ? karena part tsb lumayan banyak yg mengalami masalah.

    thanks

  12. zulyadi
    January 6, 2011 at 8:04 pm

    boss… saya ada keluhan ni, mobil saya honda jazz vytec th 2007 awal tranmisi, kendala nya ada keluar bunyi dengung di mobil saya, dan coba saya cek ke bengkel, kata mekaniknya lahernya mesti di ganti, setelah di ganti ke 4 buah roda laher, di tes masih juga mengeluarkan bunyi dengung. dan kondisinya tidak nyaman jika kita menutup kaca makin terasa bunyi tersebut… kata mekaniknya juga kondisi ban coba di cek angin dan ban, ban yang saya pakai good year dengan velg standar 185/55 R15, masih standart..pertanyaan kira2 dari mana bunyi tersebut, dan berapa standar angin ban untuk velg standart… atas info nya saya ucapkan terima kasih
    saleum
    zulyadi di banda aceh..

    • Bang Toser
      January 7, 2011 at 9:32 am

      Pak kalo laher keempatnya sudah diganti baru dan masih terdengar bunyi dengung yang sama seperti waktu sebelum ada penggantian laher………. kemungkinan penyebabnya bukan laher. Bisa saja dari kembang ban atau dari bagian lain di kaki-kaki.
      Pastikan juga dengungnya berasal dari daerah sebelah mana, bagian kaki depan / belakang atau dengung dari bagian transmisi atau yang lainnya.
      Kalo tekanan angin biasanya saya pake 30-32 psi

      salam,

  13. tirta
    October 18, 2010 at 12:02 am

    malem… boz, saya mu tanya nih… mobil saya bunyi… dengung seperti ini weng2 semakin kencang semakin kenceng juga bunyi nya? mobil saya honda accord thn 84… misalkan bering nya yg kena?? masih ada gak tuh yg jual?? dan menurut boz berapa harga nya yah…??

    • Bang Toser
      October 18, 2010 at 7:52 am

      Kemungkinan besar emang bearing nya yang sudah perlu diganti, untuk lebih pasti coba bawa ke bengkel dan dilakukan pemeriksaan dahulu.

      salam,

  14. Tonny
    July 30, 2010 at 10:49 am

    Bos, di artikel ngak ada gambar laher depan yah, laher depan dengan magnetnya ada gambarnya bos??

  15. Bang Toser
    April 28, 2010 at 8:48 am

    Untuk gambar magnet ada pada artikel……….. kondisinya menempel dengan laher.
    Bila kita mengganti laher baru, harus diperhatikan magnetnya jgn sampai lupa dipasang karena waktu beli tidak termasuk dengan magnet.
    Tidak bisa plug in langsung, magnet hrs dicopot dan dipindah dahulu.

    salam,

  16. Bang Toser
    April 28, 2010 at 8:44 am

    Bisa saja Beres salah menduga, namanya juga manusia……….coba saja cek kembali ke bengkel yang lain apakah pendapatnya memang demikian.
    Bila benar laher dah kena, ya sebaiknya diganti karena mempengaruhi kenyamanan dengan suara yang akan semakin kencang dan kasar.
    Tentunya bagian kaki lainnya termasuk juga ban bisa terkena imbas dari kerusakan laher tersebut.
    Kalau memungkinkan Coba deh pinjam ban yang kondisinya masih baik untuk dilakukan percobaan, apa benar dari kembang ban atau bagian lainnya yg rusak.

    salam,

  17. Tonny
    April 27, 2010 at 2:48 pm

    Magnetnya jadi satu sama laher atau pisah ? thanks nih sebelumnya

  18. Tonny
    April 27, 2010 at 2:32 pm

    Bos mau tanya nih, magnet laher new city 2005 bentuk nya seperti apa sih?? ada gambarnya ngak bos??

  19. Jaka
    April 26, 2010 at 1:06 pm

    Om,
    Salam kenal, saya senang baca-baca ulasan artikel Om, sungguh mencerahkan.
    Dua bulan lalu, roda belakang mobil jazz saya juga bunyi, dikomentarin oleh yang ikut mobil saya, kalo laher mungkin sudah kena.
    Setelah saya cek di beres honda, mobil diangkat trus roda diputar dan ternyata gak bunyi, montirnya bilang bhw bunyi ini sumbernya adalah kembang dari ban belakang kanan yg gak rata lagi.
    Kemarin saudara saya yg kerja di bengkel dan kebetulan naik mobil saya komentarin bhw laher sptnya sudah kena.
    Saya mau tanya, kalau honda beres ternyata salah menduga dan saya gak ganti2 bearing saya, apa akibatnya buat mobil saya, apakah kerusakan akan merembet bila bearing gak diganti2 karena kena yang lain dan apakah kerusakan bearing bisa menyebabkan kecelakan pada km tertentu. mohon masukannya Om
    Thanks ya Om

  20. Nezzar
    April 23, 2010 at 11:29 pm

    Honda City saya tahun 2004, beli seken, sebelumnya pakai brigestone, keempatnya saya ganti archiles, masalahnya sekarang bunyi dengung setiap di bawa di atas 70-100? any advice sumber bunyi dengung ini?
    Terkadang dibaa 100-110 dengungnya berkurang?
    Apakah ini bearing, belt atau qualitas ban? Tenkyu lho

    • Bang Toser
      April 26, 2010 at 11:57 am

      Kalo kondisi ban masih baru kemungkinan bunyi bukan dari ban………, kemungkinan suara dari beraing.
      Tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan bearing, bila dirasa repot untuk pengecekan sendiri, bawa saja ke bengkel langganan atau supaya lebih yakin bawa ke Bengkel Resmi.

      salam,

      • ode
        July 29, 2011 at 6:07 am

        Wah ini kasus hampir sama. Mobil saya juga Honda New City 2004 beli seken. Awalnya pake velg 17 tapak lebar. Saya ganti velg standar ring 14 dan ban baru GT Radial Champiro BXT. 100% baru. Tapi bunyi dengung malah makin keras. Mulai kecepatan 40 kpj sudah bunyi, apalagi pas jarum menyentuh angka 60 ke atas, bunyi semakin kencang. Berarti ini masalah bearing juga ya om? Coz ane belum sempet bawa ke bengkel. thanks.

      • August 1, 2011 at 6:55 am

        Coba di periksa dulu aja ya…. biasanya emang di laher tp bs juga penyakit lainnya,

  21. Bang Toser
    February 6, 2010 at 9:27 pm

    Dear Icha:
    Masalah bunyi memang cukup rumit dan terkadang memakan waktu lama untuk mendeteksinya. Untuk kasus bunyi pada kaki semoga tidak serumit yang saya maksud ya.
    Coba saja anda lakukan pengetes kondisi laher sendiri seperti dalam artikel.
    Sebaiknya untuk kedepannya anda bertanya pada tempat/ bengkel anda melakukan spooring bagaimana mereka tau bahwa laher streem anda bermasalah.
    Untuk hal lain yang perlu diperiksa kemungkin seputar bagian kaki-kaki, seperti periksa karet-karet dan coba kencangkan juga baut-bautnya.

    semoga membantu.

    salam,

  22. Icha
    February 6, 2010 at 7:13 am

    kembali ke masalah bearing, saya mau bertanya, mobil saya honda stream kalo ditikungan (pada saat putar stir) suka bunyi “klek” di ban depan, suatu ketika saya mau spooring balancing mereka menolak utk service balancing dgn alasan takut tdk maksimal krn katanya kemungkinan bearingnya sdh “kena”, atau dgn kata lain suruh cek bearing, tp wkt saya periksa ke bengkel menurut bengkel tdk ada masalah. Kira2 ada masukan ga, bunyi “klek’ tersebut dr mana? terimakasih atas masukannya.

  23. estika
    January 22, 2010 at 7:20 pm

    Terimkasih informasinya, semoga kuping gak sakit lagi denger dengung roda belakang, mobil bisa meluncur dengan mulus

    Thank ya om

    • Bang Toser
      January 25, 2010 at 8:15 am

      ha3x…..terima kasih kembali, senang bisa berbagi.

      salam,

  24. Bang Toser
    January 22, 2010 at 7:59 am

    Ini alamat bengkelnya :

    Alamat : Jl. Howitzer Lanjutan 2A, Serdang – Jakarta Pusat 10650,
    Phone: 021-4200618

    salam,

  25. robert
    January 22, 2010 at 2:53 pm

    terimaksih om….untuk “pencerahan”nya…
    akhirnya bisa klaim utk lahernya..(megatama kooperatif)..
    utk ke-3 ban lainnya mash ok., stelah dipriksa.
    mereka (bengkel mgtama) ksh garansi 3 thn/ (100 rb km)..
    cuma itu, laher yg di pasang NTN LL CHINA = yg di ganti (bw an asli/yg rusak)..

    salam

    • Bang Toser
      January 25, 2010 at 8:14 am

      selamat deh dah berhasil klaim………

      salam,

  26. heri
    January 21, 2010 at 9:16 pm

    terima kasih bang….
    uda saya terapin ternyata emang blok magnet nya terlepas…
    terima kasih banyak nih bang….

    • Bang Toser
      January 22, 2010 at 8:01 am

      sama2 mas, syukur deh ya kalo dah ketemu penyebabnya.

      salam,

  27. estika
    January 21, 2010 at 5:30 pm

    Om, ini yang dimaksud ya.

    HONDA CLINIC
    Nomer HP: 0815 9303277
    Nomer Telpon: 021-91300470
    Nomer Faks: 021-4258224
    Alamat: Jl. Pualam V/174, Sumur Batu
    Jakarta Pusat 10640, Jakarta
    Indonesia

    Oya sebelum di Honda Fatmawati, service customernya emang bagus tapi mekaniknya dan suppotnya “main belakang” ketika AC rewel, doi telpon kasih mekaniknya agar bisa kerjain dirumah, memang sih harga separuh dari harga dealer, dari situ saya mulai ragu dengan kualitas service. saya coba cari rujukan bengkel ac lain, seetelah dibenerin ongkos yang dilkeluarkan jauh lebih murah dan tidak perlu semua diganti dengan barang yang sama originalnya.

  28. robert
    January 21, 2010 at 2:39 pm

    trimkash oom…

    ini sudah sy klaim ke dealer honda kl malang (megatama)…
    trus sy liat barangnya yg dr bengkel (sbelum diganti)..ternyata sama dengan yg rusak…
    yg bikin penasaran itu dr honda dealer (NTN LL CHINA)….

    mhn info apa ada laher lainnya (JAPAN/ original) ????….
    dipasaran ada yg harga Rp. 600 rb dan Rp.1,2 jt..

    thanks
    Salam

    • Bang Toser
      January 21, 2010 at 4:50 pm

      Kalo yang Original sekitar Rp.1.1-1.2 juta (Itu harga terakhir di 2009 yang saya tau). Ada juga yang kwalitasnya dibawah itu, bisa disebutnya KW2 dst…, memang harganya ada yg hampir 1/2 original.

      Semoga bisa di klaim ya………….. kalo bisa klaim sekalian cek juga roda yang lain apa ada gejala yang sama.

      salam,

  29. robert
    January 20, 2010 at 9:32 pm

    mau tanya oom…
    sy barusan ganti laher roda kanan blakang…spdomter km 20.000,
    utk laher tertulis di ringnya NTN LL CHINA
    apa memang itu di rilis oleh HPM ?…

    • Bang Toser
      January 21, 2010 at 7:41 am

      Waw kalo untuk kode tulisan saya juga kurang paham apa itu original atau KW tertentu….
      Mengingat KM masih rendah 20.000 km, mengapa tidak dicoba klaim ke Dealer, untuk kondisi jalan jakarta dan sekitarnya yang tidak terterlalu parah sih rasanya umurnya pendek banget ya.

      salam,

  30. Bang Toser
    January 18, 2010 at 8:25 am

    Salam kenal juga….

    Pada saat membongkar laher terdapat blok magnet yang menempel pada laher, selain itu terdapat juga sensor untuk ABS nya, coba cek pemasangannya sudah tepat blm ?

    salam,

  31. heri
    January 17, 2010 at 8:41 pm

    salam kenal bang..
    begini mas saya punya sedikit problem dalam pergantian klahar ronda honda city…

    Saya mengganti klahar roda tapi kok lampu ABS tetap hidup, dimana kesalahannya yang bang?

    terima kasih atas jawabannya bang!

  32. December 26, 2009 at 9:09 pm

    Om,roda belakang kanan city 2003 punya juga dah di hanti laher include hub-nya eh tiga bunyi lagi lebih kenceng dari sebelumnya, dengung,padahal itu diservice dibengkel resmi, Mohon informasi bengkel alternatif yang tahu bener , makasih ya om

    • Bang Toser
      January 5, 2010 at 7:56 am

      Apa dah coba komplain kembali ke bengkel resmi honda dimana anda melakukan penggantian ?
      Kalo belum coba dulu komplain, seharusnya mereka mau tanggung jawab kok.

      Tp kalo mau langsung ke bengkel non resmi….untuk posisi di jakarta bisa coba Honda Clinic,

      salam,

  33. Donny
    October 26, 2009 at 1:49 pm

    Om, mo laporan, sabtu kmrn saya beli bearing belakang kanan, harga 265rb, merk LKS buatan Taiwan…ternyata memang benar yg kanan yg rusak, krn setelah ganti, hari ini saya tes di tol, suara dengung hilang sama sekali…..mudah2an awet…..pertimbangan saya nggak beli yg original, krn ada di mailist, report kesitu, mobilnya th. 2007, sudah 2x ganti bearing di bengkel resmi Honda…jadi saya pikir tergantung pemakaian dan rute yg dilalu….kebetulan saya kebanyakan lewat jalan tol…mudah2an saja aman dan awet….
    Untuk bunyi2an di kaki2 depan, saya masih penasaran, rencana nanti tune up 55rb kilometer, saya akan minta bengkel cek karet SA sebelah kanan, saya duga salah instalasi atau karetnya mengecil, jd nggak nge-plug….

    Terima kasih atas masukannya Oom….

    Regards,
    Donny

    • Bang Toser
      October 26, 2009 at 2:03 pm

      Ya ….syukur deh masalah bearing nya dah selesai…… dan dapat menikmati lagi ketenangan City saat berkendara.

      Untuk suara pada bagian depan, silahkan saja ditanyakan kembali ke bengkel untuk lebih pasti dan minta mereka cek semua bagian kaki, semoga tdk ada yang bermasalah sesuai dengan perkiraan saya.

      salam,

  34. Donny
    October 23, 2009 at 6:19 pm

    Thanks Oom untuk masukkannya…barusan saya mampir ke Nawilis di Bogor, saya minta di cek (saya sendiri ikutan cek), dan ternyata seperti dugaan saya, ketika roda kanan belakang diputar, dan saya pegang SA-nya, ada getaran dan ada suara grek grek grek di roda, sedangkan di roda kiri belakang tidak ada getaran dan suara2 (smooth)…jadi kesimpulannya memang bearing roda kanan belakang yg musti ganti…
    Untuk di bengkel resmi Honda, harga part cukup mencekik kantong, harga 1.35jt/pc….saya berencana ganti yg alternatif (KW2-nya) krn kata orang2 yg sudah pakai, lumayan jg, dan saya denger2 dr mailist, ada yg ganti original di bengkel resmi, pakai 2 tahun, ganti 2x bearing kanan belakang….Jadi sptnya tergantung pemakaian dan kondisi jalanan jg, selain mutu dr part itu sendiri….
    Terima kasih sekali lagi atas masukan dan sarannya…

    Satu lagi Oom, new city saya, roda kanan depan, kl pas di jalanan jelek, suka bunyi gluduk2, pdhl link stabilizer, lower arm, karet support SA dan SA udah saya ganti baru, sedang kan tie rod, long tie rod dan ball joint waktu saya bawa cek di bengkel resmi, masih bagus semuanya…saya sich curiganya karet support SAnya nggak nge-plug bagus, suaranya kyk SA oblak gitu…tp anehnya kok tiap kali saya bawa ke bengkel baik bengkel resmi atau non resmi, katanya nggak apa2…aneh, apa emang Honda city begitu??kyknya nggak….
    Kalo ada masukan Oom….makasih banyak…

    • Bang Toser
      October 26, 2009 at 7:56 am

      Wah dah dibawa dan di cek ya laher nya…….
      Saran saya sih untuk laher lebih baik gunakan yang asli, terakhir waktu beli harganya 1.1 jt, tetapi kalo sdh diputuskan menggunakan KW 2 ya gpp juga sih, krn setiap pemakai memiliki berbagai pertimbangan masing2x.

      Untuk suara pada bagian depan, sepertinya itu umum dan memang kalo melewati jalanan yang tidak mulus akan terdengar suara tersebut. Yang pasti anda sudah memeriksa semua yang berhubungan dengan bagian kaki2x dan tidak ditemukan masalah.
      Selanjutnya anda harus mulai beradaptasi menggunakan si City tersebut, agar dikemudian hari dapat membedakan suara tersebut dikarenakan terdapat masalah atau hanya suara umum saja krn bawaan city….

      salam,

  35. Bang Toser
    October 23, 2009 at 11:19 am

    Mas Donny………

    Cara yang paling mudah dan umum dilakukan untuk mendeteksi kerusakan laher roda adalah seperti yang sudah Saya utarakan diatas.

    Untuk kelemahan laher Honda City terletak pada roda kanan belakang, sejujurnya saya kurang paham. Hanya kebetulan untuk kasus diatas memang kejadiannya pada roda kanan belakang.

    Sepertinya semua pabrikan membuat suatu komponen/ part sudah melakukan penelitian dahulu, memiliki standard dan kemungkinannya kecil bila part kanan dan kiri memiliki kwalitas yang berbeda sehingga menyebabkan salah satu lebih cepat rusak.

    Yang terpenting juga adalah gaya membaya kendaraan dan jalan yang dilalui, bila jalan yang dilalui setiap hari lebih banyak yang tidak mulus, besar kemungkinan bagian kaki kendaraan lebih cepat aus.
    Gaya berkendara yang tanjap gas terus untuk kondisi jalan berlubang juga menjadi salah satu faktor.

    salam,

  36. Donny
    October 23, 2009 at 10:39 am

    Bagaimana mendeteksi bearing mana yang sudah rusak selain cara2 di atas??apakah dari hanya menarik2 velgnya saja, oblak atau nggak bisa juga???mobil saya dengung di kecepatan tertentu, 80-100km/hr…di atas atau di bawah itu suara dengungnya hilang/pelan sekali….ban baru semuanya….konon ada yg bilang, new city kelemahannya di bearing roda belakang sebelah kanan, apakah benar???

  37. August 21, 2009 at 4:14 pm

    SAngat baik dan informatif. Sekarang saya mau tanya, apa dampak negatif dan resiko bila velg standar 15″ + ban 185/55 di ganti dengan velg 18″ + ban 225/35 untuk Honda New City th. 2007? Apa pengaruhnya terhadap kaki-kaki dan sensor? Terima kasih.

    • Bang Toser
      August 23, 2009 at 11:33 am

      Mengganti Velg standard dengan ukuran yg lebih besar tentunya akan merubah tampilan menjadi lebih manarik dan gagah.
      Tetapi yang dikorbankan adalah kenyamanan tentunya, sedangkan part bagian kaki-kaki akan memiliki umur yang lebih pendek akibat efek dari penggunaan tersebut apalagi bila kondisi jalan tidaklah mulus.
      Bila memang ingin mengganti ukuran velg menjadi lebih besar mungkin sebaiknya maksimal hanya satu tingkat diatas ukuran standard pabrikan.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: