Home > STANDARD OPERATING PROCEDURE > SOP Pada Perusahaan Jasa Service

SOP Pada Perusahaan Jasa Service

Pada kesempatan ini Saya ingin membahas sedikit mengenai SOP apa saja yang diperlukan dalam sebuah perusahaan Jasa Service.

Pertaman-tama ada baiknya Kita mengetahui dahulu apa yang dimaksud perusahaan Jasa Service disini. Perusahaan Jasa Service adalah Perusahaan yang bisnis utamanya adalah memberikan pelayanan jasa untuk kepentingan pihak lain. Jasa disini bisa beraneka macam seperti  jasa perawatan, jasa perbaikan, jasa kebersihan, dll.

Bisnis apa saja yang masuk dalam kriteria perusahaan Jasa Service yang dimaksud diatas? Mungkin bisnis usaha yang masuk kriteria ini diantaranya adalah :

1.Perusahaan Jasa Servive Elevator dan Eskalator,

2.Jasa Cleaning and Maintenance Air Conditioner,

3.Jasa Cleaning & Maintenance Air Cooled Package,

4.Jasa Cleaning & Maintenance Water Cooled Package,

5.Jasa Cleaning & Maintenance Cooling Tower,

6.Jasa Maintenance Penyewaan Tanaman Hias,

7.Jasa Maintenance Mesin Genset,

8.Jasa Pest Control,

9.Jasa Keamanan dan masih banyak lagi.

Secara umum SOP yang ada dalam perusahaan diatas dapat dikelompokan menjadi:

1.SOP Dept Marketing, didalamnya akan ada prosedur yang membahas dan berhubungan dengan konsumen, promosi, komplain, dll.

2.SOP Dept Tehnik/Service, didalamnya akan ada prosedur yang membahas proses dan langkah-langkah perawatan, pengananan masalah, perbaikan, pemeriksaan.

3.SOP Dept Pengadaan, didalamnya akan ada prosedur yang membahas proses pengadaan material/barang dan jasa untuk kepentingan operasional dan juga penerimaan material/ barang, stock barang, pengeluaran material/barang.

4.SOP Dept Finance Accounting, didalamnya akan ada prosedur yang membahas proses penerimaan dan pengeluaran uang dan juga pencatatan.

5.SOP Dept HRD dan GA, didalamnya akan ada prosedur yang membahas proses yang berhubungan dengan kepegawaian dan penggunaan juga perawatan asset perusahaan.

Internal Control yang perlu mendapat perhatian lebih dalam SOP  Perusahaan Jasa Service ini adalah pada Dept Teknik/ Service., mengingat Jasa  Service berhubungan dengan keahlian/ skill yang dimiliki dan juga Human. Sebaik apapun SOP atau System yang disiapkan tetapi faktor Human sangat berperan dominan dalam membawa  sukses berjalannya sebuah SOP/ system.

Related Topic Link:

6 Langkah Jitu Mengimplementasikan Good Corporate Governance

Pengelolaan Town House

About these ads
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: