Home > OTOMOTIVE ZONE > SERVICE VARIO 6.000 KM

SERVICE VARIO 6.000 KM

Tak terasa waktu yang diberikan untuk masa service gratis sudah hampir habis. Padahal jarak kilometer yang tercantum belum juga mencapai angka kilometer untuk service.

Dari pada jasa pemeriksaan hangus, maka Saya menyempatkan untuk membawanya ke salah satu AHASS (Astra Honda Authorized Service Station). Pertama Saya mendaftar ke Customer Service atau bagian penerimaan untuk dicatat permintaan service dan keluhan dengan memberikan buku service. Saya mendapatkan sebuah nomer urut antrian.

Selanjutnya tinggal tunggu antrian service sambil duduk dan nonton Televisi. Tapi biasanya Saya coba untuk melihat proses pekerjaan dari dekat. Apa saja yang mereka lakukan.

image-003aTak terasa waktu antrian Saya sudah tiba dan My VARIO pun di bawa menuju VARIO Pit. VARIO dinaikan kemudian Mekanik membuka baut pembuangan oli dan mengeluarkan oli mesin ke tempat penampungan yang sudah disiapkan sebelumnya.

image-011aSelanjutnya Mekanik membuka Busi, ternyata pembakaran My VARIO cukup baik sehingga busi pun tidak perlu dilakukan penggantian. Memang selama ini Saya menggunakan bahan bakar Pertamax Plus yang menyebabkan pembakaran lebih sempurna, image-014aimage-015afakta lain dapat dilihat pada komponen Kabulator yang juga dibuka untuk dibersihkan, ternyata kabulator bersih.

image-008aimage-009aPemeriksaan dilanjutkan dengan membuka bak mesin untuk dilakukan penyetelan klep. image-013aSelanjutnya bak pernafasan pun ikut dibuka untuk dibersihkan.

Tiba-tiba si Mekanik memanggil dan memberitahukan kalau tali gas perlu diganti, saya memang pernah mendengar program ini dari surat kabar bahwa pihak astra melakukan penggantian secara cuma-cuma untuk tali gas VARIO karena sesuatu hal yang saya lupa alasan penarikannya.

image-017aimage-021aSaya diminta untuk mengisi formulir klaim dan menandatanganinya disertai dengan fotocopy STNK.

Selanjutnya setelah oli mesin diisi kembali, maka dilakukan pengecekan dengan bantuan RPM meter. Mekanik melakukan penyetelan RPM saat tidak ada beban dan diberikan beban.

Selesai penggantian dan pemeriksaan my VARIO diturunkan dan dibawa ke bagian final check.

Di peneriksaan akhir ini dilakukan pengecekan pengencangan baut-baut, tekanan angin ban, RPM meter dan terakhir VARIO dibersihkan dengan lap untuk menghilangkan sisa kotoran akibat service tadi.

  1. ba.di
    March 17, 2009 at 10:10 pm

    astokwirllah

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: