Home > KULINER > Sate dan Teh Poci

Sate dan Teh Poci

Bila anda hendak pergi menuju suatu kota di Jawa Tengah atau Jawa Timur, hendaknya sempatkan waktu sejenak untuk beristirahat di sekitar Kota Tegal. Disana terdapat sumber air panas alam yang cukup jernih dan tidak berbau juga tidak berwarna.

Diperlukan waktu sekitar 1 jam perjalanan dari kota Tegal menuju Guci nama daerah peristirahan disana. Jalanan menuju ke Guci cukup mendaki nenyusuri lereng gunung. Sudah bisa dibayangkan suasana disana cukup indah dengan nuansa pegunungannya ditambah dengan sejuknya udara pegunungan.

Siapakan pakaian hangat untuk putra/i anda atau mungkin anda sendiri yang tidak tahan dengan cuaca dingin.

Sudah beberapa kali Saya mengunjungi tempat ini, biasanya Kami akan bermalam di penginapan/ Hotel milik “Teh botol SOSRO”. Arealnya cukup besar dan dilengkapi juga kolam air panas langsung dari sumbernya yang dialirkan melalui pipa-pipa.

Aliran air panas tersebut juga melewati sebagian dari teras depan hotel kami menginap. So bisa dibayangkan nyamannya suasana disana.

Makanan yang sangat banyak dijumpai disekiar sisi adalah SATE, mulai dari sate ayam, kambing, juga kelinci.

Bila anda penggemar sate sebaiknya mencobanya, di dekat penginapan ada sebuah terminal dan pasar tradisional kecil, disana banyak sekali penjual sate. Dahulu waktu pertama kesana sate dijual per kilogram, baru kemudian mereka potong kecil dan ditusukan pada lidi. Tetapi sudah 2 kali terakhir Saya pergi mereka sudah menjualnya dalam bentuk tusuk.

Sate disini cukup enak dan lunak terutama untuk sete kambing yang biasanya ada yang keras.

Selain itu hidangan Teh Poci juga banyak tersedia disini, poci yang digunakan oleh mereka tidak pernah dicuci. Katanya semakin lama digunakan poci tersebut akan semakin nikmat teh yang mereka seduh. Makanya jangan heran kalau poci bekas yang sudah hitam harganya akan lebih mahal dari poci baru yang masih bersih.

Categories: KULINER Tags: , , , ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: