Home > KULINER > BASO TONO

BASO TONO

image-002Sudah cukup lama Saya mengenal BASO yang satu ini, seingat Saya sejak masih duduk dibangku SMA sudah menikmatinya. Penjual BASO ini bernama TONO makanya Saya sering memanggilnya dengan sebutan BASO TONO.

Saat itu ia masih menjajakan BASO dengan cara dipikul, BASO dijajakan dengan  cara berjalan kaki dimulai dari daerah Gardu Tinggi (nama sebuah tempat di Kota Bogor) menyusuri jalan Siliwangi hingga menuju Sukasari.

Bisa dibayangkan cukup lumayan berat beban yang harus dipikul di pundaknya sambil menyusuri jalanan yang menanjak. Dengan Pundak yang memikul gerobak BASO dan kedua tangannya terus memukulkan kentongan khas BASO Kota Bogor untuk mencari pembeli. Sekali-kali ia berhenti sejenak untuk menghilangkan kecapaian dan dahaga.

Lain dahulu lain dengan sekarang, BASO TONO saat ini ia tidak lagi berjalan memikul gerobak BASOnya. BASO TONO sudah memiliki sebuah warung BASO tempat berjualan di daerah Gardu Tinggi, meskipun tempatnya kecil dan masih mengontrak (menurut penuturan beliau), tetapi penikmatnya terus bertambah banyak.

image-001image-007image-008BASO TONO sama juga seperti BASO BAPAK dan BASO KUMIS, dengan BASO sebagai menu utamanya dan bisa ditambahkan dengan bihun, mie ataupun kwuetiau. Biasanya Bihun/ Mie/ Kwuetiau akan direbus sesaat kemudian dituang ke mangkok  dan diberikan bumbu seperti kecap asin, cuka, garam, irisan saderi, goreng bawang, tongcai. Selanjutnya semua campuran tersebut tinggal diberikan BASO biasa atau BASO urat sesuai dengan selera, bahkan sekarang ada BASO yang ururannya lebih besar lagi dengan daging cincang didalamnya.

Terakhir tinggal disiram oleh Kuah Kaldu daging. Bisa juga ditambah dengan pangsit goreng

Keistimewan BASO TONO ini terletak pada BASO dan Kuah Kaldunya yang tidak ditemu di penjaja BASO yang lain.

Bila anda berminat silakan datang dan cicipi kenikmatan BASO ini di sekitar Gardu Tinggi/ jalan Siliwangi Bogor. Jam Operasionalnya sekitar jam 10.00 – 16.00 setiap hari.

Categories: KULINER Tags: , , , , ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: