Home > OTOMOTIVE ZONE > CERDAS MEMBELI KENDARAAN SECOND

CERDAS MEMBELI KENDARAAN SECOND

honda-city1Mungkin bagi sebagian orang membeli kendaraan baru dengan tipe yang diinginkan bukanlah masalah, tetapi bagi sebagian orang yang kurang beruntung mereka harus puas dengan kendaraan second.

Bagaimana anda harus memilih dengan cermat kendaraan second yang menjadi incaran anda. Berikut adalah beberapa tip dalam membeli kendaraan second :

1. BUDGET

Tentukan dahulu budget yang anda miliki untuk membeli sebual kendaraan. Hal ini penting mengingat akan mempersempit hunting anda dalam mencari kendaraan.honda-crv

Untuk saat ini lembaga pembiayaan juga sudah membuka kesempatan bagi anda yang ingin membeli kendaraan second dengan cara kredit. Tetapi lagi-lagi harus diingat kemampuan anda untuk membayar cicilan setelah memperhitungkan cost operation dari kendaraan tersebut.

2. KENDARAAN SESUAI KEBUTUHAN

Tentukan kendaraan yang anda inginkan dan usahakan membeli kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan keluarga anda, honda-jazzatau bila anda belum berkeluarga cari kendaraan yang dapat menunjang aktivitas anda sehari-hari dengan nyaman. Pertimbangkan juga harga jual kembali kendaraan anda.

3. INFORMASI HARGA

Usahakan anda memperoleh informasi harga pasar kendaraan yang anda inginkan. Memang hal ini tidak menjamin anda memperoleh harga yang murah ataupun membeli lebih mahal mengingat harga kendaraan itu tergantung dari kondisi kendaraan itu sendiri. Setidaknya anda memiliki patokan harga.

Bisa saja kendaraan dengan tahun keluaran yang sama dijual dengan harga yang berbeda jauh, ekstrimnya yang satu dijual murah karena bekas kecelakaan dan yang satu lagi adalah kendaraan yang terawat dan siap pakai.

4. SIAPA PENJUAL KENDARAAN TERSEBUT

Alangkah lebih baik bila anda mengetaui siapa pemilik kendaraan tersebut, sehingga anda dapat mengetahui sejarah dari kendaraan tersebut dari baru. Hal ini cukup penting mengingat bila anda mengenal pemilik kendaraan tersebut anda dapat menilai apakah pemilik kendaraan merawat kendaraannya dengan baik, pernah terjadi kecelakaan, atau pernah turun mesin sebelumnya.

avanzaBila anda membelinya dari Showroom Kendaraan, usahakan beli dari Showroom yang memiliki nama baik dan dapat memberikan jaminan mesin dalam kurun waktu tertentu. Hal ini penting mengingat mereka para penjual kendaraan mengetahui kekurangan dari kendaraan yang mereka jual dan berusaha menutupinya agar calon pembeli terkecoh. Jangan sampai anda membeli kendaraan second dan masih harus mengeluarkan dana ekstra untuk perbaikan yang tidak semestinya.

Usahakan untuk membeli kendaraan dari penjual tangan pertama pemilik kendaraan. Hal ini untuk mempermudah mengetahui sejarah mobil tersebut.

Jangan anda sekali-sekali membeli kendaraan yang sudah pernah mengalami kecelakaan.

5. KONDISI MESIN

Nyalakan mesin dan dengarkan suara mesin kendaraan tersebut. Apakah ada sesuatu yang tidak wajar. Perhatikan apakah terdapat kebocoran minyak pada sekeliling mesin kendaraan, dapat juga dilihat pada bagian bawah kendaraan. Bila kondisi kendaraan kotor karena minyak berarti ada kebocoran.

alphardHal ini ini harus anda pertimbangkan sebagai biaya dalam harga kendaraan tersebut. Saran Saya jangan beli kalau kondisinya sudah seperti itu, lebih baik cari yang lain.

Bila anda tidak mengerti akan mesin, maka anda dapat meminta bantuan rekan anda yang paham atau bisa juga membawa montir yang anda percaya untuk mengecek kondisi kendaraan tersebut, atau bila penjual mengijinkan anda dapat membawanya ke bengkel autorized dealer untuk diperiksa lebih lengkap.

6. TEST DRIVE

Lakukan test jalan kendaraan yang akan anda beli. Perhatikan suara mesin pada saat jalan di setiap perpindahan gigi, apa ada kejanggalan, juga suara lainnya disekitar kaki kendaraan.

camryBila anda merasa kendaraan sudah tidak enak saat dikemudikan, lebih baik urungkan niat anda, jangan terkecoh oleh rayuan penjual bahwa penyebabnya adalah hal kecil yang dapat diperbaiki.

7. KEBERSIHAN KENDARAAN

Jangan anda membeli kendaraan yang masih kondisi dalam kondisi kotor, dalam pengertian kendaraan belum dicuci. Hal ini penting karena Kita tidak dapat melihat dengan jelas fisik luar kendaraan tersebut, apakah terdapat cacat atau tidak.

vitaraSelain itu kebersihan kendaraan menunjukan bahwa si pemilik memang benar menjaga kendaraannya dengan baik, meskipun hal ini tidak dapat dikatakan benar 100%.

Jangan pula membeli kendaraan yang sudah ditempel dengan banyak stiker, kita tidak mengetaui apakah dibawah stiker tersebut ada sesuatu yang cacat.

8. WAKTU MEMBELI

Usahakan melihat kendaraan yang akan dibeli pada waktu pagi hari sampai dengan siang dan usahakan pada tempat yang terbuka.

serenaKita dapat dengan leluasa melihat dengan jelas kendaraan tersebut karena cukup cahaya.

9. KELENGKAPAN SURAT-SURAT

Penting sekali untuk memeriksa kelengkapan surat kendaraan mulai dari BPKB, STNK, Faktur.

Cocokan nomor rangka dan nomer mesin pada kendaraan dengan dokumen yang tersedia.

Bila diperlukan agar lebih aman cek juga ststus kendaraan tersebut ke Kantor SAMSAT, mengingat saat ini banyak sekali sindikat penjual kendaraan hasil curian

pantherPertimbangkan juga di wilayah mana kendaran tersebut terdaftar, misalnya kendaraan yang anda incar ber nomor polisi F yang artinya kendaraan tersebut terdaftar diwilayah Bogor dan sekitarnya, sedangkan anda berdomisili di Jakarta, maka anda harus melakukan mutasi dari wilayah kendaraan tersebut terdaftar ke wilayah domisili anda di Jakarta.

Mintakan juga KTP dan Kwitansi penjual bila anda jadi membeli kendaraan tersebut.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: