Home > OTOMOTIVE ZONE > BENGKEL AUTHORIZED DEALER Vs NON AUTHORIZED DEALER

BENGKEL AUTHORIZED DEALER Vs NON AUTHORIZED DEALER

bengkel-hondaBagi sebagian kalangan orang menyatakan bahwa service di Autorized Dealer lebih terjamin, terpercaya, dapat diandalkan, tidak bakal kena bohong, spare part pasti dijamin keasliannya,  ruang tunggu juga lebih nyaman bila dibandingkan dengan bengkel mobil lainnya.

Mungkin juga tidak semua dari persepsi diatas salah, tetapi ada juga faktor lain yang menjadi pertimbangan bagi Saya untuk tidak memilih dan membawa mobil Saya ke Bengkel Autorized Dealer (selanjutnya kita sebut  Authorized Dealer dengan sebutan AD) setelah masa garansi habis.

1.     Bengkel AD belum memiliki Standard Operating Procedure Cek dahulu apakah AD tersebut memiliki Standard Operational yang baku. Tidak semua Bengkel AD yang ada memiliki Standard Operational baku. (sebagian dari tulisan ini berupa pengalaman pribadi saat berurusan dengan AD salah satu brand kendaraan yang ada di Indonesia)

Hal ini sudah Saya buktikan sendiri dengan membawa Mobil ke AD yang berlainan dan memperoleh standard pelayanan yang lain pula.

bengkel-honda-04Coba saja perhatikan kalau Kita pergi ke AD yang satu dan yang lainnya untuk service, ikuti dan lihat proses yang mereka lakukan dimulai dari :


  • Proses Penerimaan Customer (dilakukan oleh Customer Service atau Sales Advisor, atau yang lainnya)
  • Proses penyampain dan rencana penanganan keluhan Customer.
  • Proses Serah terima mobil dari Customer ke pihak Bengkel
  • Proses Serah Terima dari Penerima Mobil ke bagian Mekanik.
  • Proses pengambilan/ permintaan Spare part dari Mekanik ke Gudang Spare Part.
  • Proses pengerjaan keluhan sesuai Sales Order termasuk test drive (bila diperlukan)
  • Proses Pemeriksaan akhir (final inspection)
  • Proses Serah Terima dari Pelaksana Perbaikan (Mekanik) ke Pemberi Order
  • Proses Serah Terima dari Pemberi Order kembali ke Customer
  • Proses Pembayaran

Bila semua proses tersebut diatas tidak ada standard yang baku untuk semua Bengkel AD, maka apakah Bengkel tersebut bisa disamakan juga dengan Bengkel non AD. Biarlah setiap Customer AD yang menentukan  jawabannya.

2.     Penanganan keluhan dengan menggantian Spare Part secara utuh.

bengkel-honda-03Umumnya Authorized Dealer tidak mau susah dikemudian hari dan menerima komplain lanjutan sehubungan dengan keluhan Customer atau juga untuk menjaga image agar Bengkel tetap baik, dimana setelah mengetahui penyebab kerusakan dan memerlukan Spare Part yang harus diganti, mereka akan menggantinya secara utuh. Yang dimaksud utuh disini misalkan extrim-nya yang rusak adalah sebagian komponen dari Gear Box (karena Gear Box didalamnya banyak sekali komponen), pihak Bengkel akan mengganti Gear Box secara utuh.

Tentu saja bagi Customer ini akan menjadikan biaya service yang mahal, karena sebenarnya yang rusak tidak semua tetapi yang diganti oleh Bengkel adalah semua bagian.

3.     Biaya Jasa

Biaya jasa yang biasanya dikenakan oleh Pihak Bengkel yang besarnya tergantung dari tingkat kesulitan dan waktu penyelesaian pengerjaan. Umumnya lumayan mahal dan berbeda jauh dengan bengkel non AD.

4.     Pajak PPn

Customer akan dikenakan PPn untuk jasa dan spare part… jadi Kita harus keluar uang extra lagi untuk  itu.

5.     Pengerjaan Pada Check List tidak dilakukan semua.

Coba deh perhatikan apa saja yang akan periksa, diganti pada pedoman buku service kendaraan sesuai dengan tabel service.

Dan coba bandingkan pula dengan apa yang Mekanik lakukan selama mobil tersebut di bengkel.

bengkel-1Pengamatan saya bahwa check list hanya sekedar kertas bagi Mekanik yang sempat saya lihat di salah satu bengkel AD tersebut. Tidak semua item yang ada pada check list mereka lakukan, yang pasti di lakukan adalah penggantian sedangkan pemeriksaan belum tentu.

Padahal kalo dilihat dari Biaya Jasa yang sudah saya sempat bahas diatas, besarnya biaya tersebut tergantung dari banyaknya jenis pekerjaan yang dilakukan, kesulitan, juga waktu yang dikorbankan oleh Mekanik tersebut.

Sebenarnya kita berhak untuk menuntut hal itu karena kita sudah dikenakan biaya jasa service sesuai item yang ada di buku pedoman perawatan kendaraan tersebut.

bengkel-honda-02Yang lebih parah lagi sewaktu Buku Service dikembalikan dan Saya periksa ternyata tidak di berikan tanda atau catatan tentang service, juga tidak ada tandatangan dan stempel Bengkel AD.

Pertanyaan Saya kepada salah seorang SA, apakah mobil Saya sudah diperiksa dengan baik…. Saya ragu akan hal tersebut, SA dengan seenaknya ambil stempel, mencap dan membubuhkan paraf-nya.

Sungguh sehat sekali seleksi, tranning yang diberikan AD tersebut. Yang cukup membuat Saya kecewa setelah saya mengetahuinya bahwa SA tersebut sudah bekerja cukup lama di Bengkel AD tersebut.

Ada juga nilai positif bila kita berobat ke Dealer Resmi:

  1. Tepat waktu, hal ini sangatlah penting bagi sebagian orang yang penuh dengan aktivitas, dimana dia (Costomer) bisa merencanakan sesuatu karena sudah ada kepastian penyelesaian. Umumnya Bengkel AD bekerja dengan target penyelesaian yang sudah ditentukan. Lain halnya dengan Bengkel non AD, terkadang estimasi waktu penyelesaian keluhan bisa sangat berbeda jauh dengan realisasinya.
  2. Jaminan Spare Part Asli, Tidak perlu lagi meragukan Spare Part yang dijual di AD. Untuk hal ini Kita lebih tenang bila melakukan penggantian. Sedangkan bagi orang awam sangat sulit membedakan Spare Part asli atau palsu bila Kita belanja ke Toko Onderdil.
  3. Ruang Tunggu yang nyaman, bagi para pemilik yang ingin menunggu perbaikan kendaraannya telah disediakan tempat yang cukup nyaman, umumnya ber-AC dan terkadang tersedia soft drink secara cuma-cuma, bahkan ada yang memiliki kantin sendiri pada ruang tunggunya. Selain itu tersedia pula bacaan seperti surat kabar dan majalah.
  4. Garansi Pekerjaan, ini juga menjadi nilai tambah mengingat bila kita kembali ke AD dengan permasalahan yang sama dalam kurun waktu garansi…. umumnya mereka akan bertanggungjawab atas apa yang sudah mereka lakukan.

Setelah diatas Kita membahas Bengkel AD, maka sekarang Saya mencoba memberikan gambaran dan penagalaman seputar bengkel non AD.

Hal yang perlu diperhatikan adalah :

1.Cari Bengkel yang memang sudah pengalaman.

Kita memerlukan bengkel yang memiliki pengalaman menangani jenis mobil yang akan Kita service.

Cara mengetahuinya dapat diperoleh dari berbagai sumber, iklan surat kabar, milis group, rekomendasi dari teman. Nah mungkin yang terakhir itu adalah yang terbaik. Orang kalo sudah merasa puas dia akan berpromosi hanya ke lingkungan terdekat disekitarnya mulai dari saudara juga teman dekatnya. Tetapi bila Costumer merasa tidak puas dia akan bercerita ke banyak orang . Dimulai dari proses inilah sebuah bengkel non AD bisa sukses.

2.Kemampuan Mekanik dan Tools.

Umumnya bengkel non AD memiliki keterbatasan kemampuan menangani suatu permasalahan. Hal ini bisa disebabkan karena Seorang Mekanik disana belum tentu mereka memiliki dan dibekali dengan pendidikan formal khusus untuk menagani mobil tertentu, umumnya mereka hanya belajar secara otodidak.

Hati-hati jangan sampai mobil Kita menjadi kelinci percobaannya. Hal lain adalah Tools, terutama untuk mobil dengan keluaran terbaru diperlukan spesial tools dan harganya cukup mahal. Oleh karena itu belum tentu bengkel non AD memilikinya.

3.Perhatikan juga proses kerjanya.

Bengkel non Resmi tidak memiliki Prosedur baku dalam membongkar dan menagani masalah. Mereka lebih banyak menangani berdasarkan pengalaman. Yang perlu diperhatikan juga adalah ketelitian seorang Mekanik dalam membongkar dan memasangkannya kembali ke konsisi sebelumnya dengan baik dan benar.

Jangan sampai ada hal kecil yang berakibat fatal, misalnya dalam pemasangan baut-baut yang tidak dipasang kembali sesuai jumlah dan pada tempatnya.

4.Garansi

Sangat jarang Bengkel Non AD yang memberikan garansi atas pekerjaannya. Biasanya kesalahan yang diakibatkan oleh karena prosedur pemasangan yang tidak benar akan menyebabkan kerugian yang berlipat baik dari sisi jasa dan spare part yang baru dipasangpun terkadang tidak dapat dipakai kembali.

Dari uraian diatas silakan tentukan sendiri apakah anda akan membawa mobil anda berobat ke Bengkel AD atau Non AD. Semua pilihan dan pertimbangan ada di tangan anda.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: