Home > DUNIA PROPERTI > Memilih Property

Memilih Property

Memiliki sebuah Property adalah impian setiap orang. Salah satu property yang paling mendasar adalah Rumah atau Tempat Tinggal.  Rumah atau Tempat Tinggal sudah menjadi kebutuhan pokok yang sangat mendasar dan diperlukan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Tetapi bagi sebagian orang memiliki tujuan yang berbeda dalam memiliki property, sebagian membeli hanya untuk investasi, sebagian lagi digunakan untuk usaha.

Lalu bagaimana Kita memilih Property yang yang tepat baik untuk tempat tinggal , usaha ataupun berinvestasi.

Beberapa hal yang dapat dipertimbangkan dalam memilih property diantaranya:

1. FINANCIAL

Tentukan dan pahami terlebih dahulu kondisi keuangan Kita. Apakah Kita akan membeli dengan cara Tunai, Tunai Bertahap, ataupun Kredit. Sesuaikan pembelian dengan kemampuan keuangan Kita.

2. TUJUAN

Tentukan tujuan pembelian property tersebut. Apakah property yang kita beli tersebut akan Kita gunakan untuk tempat tinggal, Usaha, ataupun Investasi.

3. LOKASI

Setelah Kita menentukan Keuangan dan tujuan, maka selanjutnya Kita harus menentukan lokasi yang sesuai. Pemilihan lokasi menjadi sangat penting dan disesuaikan dengan tujuan Kita memiliki Property tersebut.

Bila Kita memerlukan property untuk tempat tinggal, perlu dipertimbangkan untuk memilih kondisi lingkungan sekitar yang baik untuk tempat tinggal.  Tentunya suasana tenang, bebas polusi, keamanan yang baik, akses menuju lokasi dan fasilitas yang tersedia disekitar tempat tinggal.

Bila Kita memerlukan property untuk tempat usaha, tentunya pertimbangan lokasinya akan yang lain lagi. Lokasi yang dipilih harus strategis, terutama akses yang mudah untuk konsumen, pilih tempat yang cocok sesuai dengan jenis usaha yang akan Kita jalankan.

Bila Kita memilih property untuk investasi (bisa dalam bentuk rumah/ tempat usaha, apartemen), maka perlu dipertimbangkan lokasi yang stategis dan mudah untuk dijual kembali.

Jangan terpengaruh dengan penawaran harga yang lebih murah dan mendapat ukuran property yang lebih besar. Coba pertimbangkan kemudahan untuk menjualnya kembali.

4. PENGEMBANG

Bila berkesempatan untuk membeli Rumah, Rukan, atau Apartemen coba cari tau dahulu reputasi pengembangnya.  Bagaimana komitment pengembang dalam berbagai hal, misalnya kesesuaian spesifikasi bangunan yang dijanjikan, jadual serah terima yang tepat waktu, fasilitas umum yang disediakan dan sebagainya.

5. LEGAL DOKUMEN

Sebelum memutuskan untuk membeli ada baiknya Kita juga mencari tau mengenai legal dokumennya. Beberapa hal yang penting dan perlu diperhatikan mengenai status tanah tersebut.

Beberapa hal yang perlu ditanyakan diantaranya:

A. Status dari tanah, apakah Hak Milik (HM) atau Hak Guna Bangunan (HGB). HM akan memiliki nilai lebih dari HGB. Bila diperlukan dapat dicek ke Badan Pertanahan Nasional atau nisa meminta bantuan Kantor Notaris.

B. Ijin Mendirikan Bangunan (IMB),

C. Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB). Pelajari isi PPJB dengan baik, perhatikan sangsi, tanggal serah terima, juga hak  dan kewajiban lainnya. Umumnya PPJB ini akan berat sebelah antara Pengembang dengan Konsumen, jadi pintar-pintarlah untuk bernegosiasi. Disini (Indonesia) kepentingan/ Hak Konsumen tidak dengan jelas dilindungi oleh Pemerintah. Kalau kita baca surat kabar atau searcing via internet, banyak keluhan Konsumen terhadap  Pengembang yang tidak memenuhi kewajibannya sesuai PPJB yang dibuat. Tetapi hasilnya Konsumen selalu jadi korban yang tidak berdaya menghadapi Pengembang besar.


6. PENGELOLAAN

Coba cari tau juga bagaimana tempat ini akan dikelola. Umumnya pengembang akan membantu pengelolaan dan untuk Apartemen biasanya akan diserahkan kepada Perhimpunan Penghuni.

Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk pengelolaan tersebut setiap bulannya.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: