Home > STANDARD OPERATING PROCEDURE > Sebuah System yang Baik

Sebuah System yang Baik

Sebuah system pasti diperlukan dalam dunia usaha, bahkan dalam kehidupan sehari-hari yang sederhana pun Kita memerlukan system yang dapat menjadi acuan agar kehidupan agar Kita dapat beraktifitas dengan baik, effisien, dan efektif.

Coba Kita perhatikan disekeliling Kita bilamana sedang beraktivitas sehari-hari. Misalkan Kita perhatikan cara pembayaran di Mini Market dekat Rumah,  Toko Kelontong dalam melayani pembeli, Toko penjual obat tanaman dan pupuk saat mengambil barang pesanan ke tempat penyimpanan. Bengkel motor atau kendaraan tempat Kita melakukan perawatan.

Meskipun terbilang usaha kecil tetapi mereka sudah memiliki sebuah system yang mereka jalankan untuk menunjang aktivitas Mereka. System tersebut memang tidak tertulis hanya berdasarkan pengalaman dan kebiasaan saja.

Bagaimana dengan perusahaan yang besar, apakah mereka memiliki system juga dalam menjalankan aktivitasnya….. tentunya mereka sudah memilikinya. Sudah tercatat dalam sebuah manual buku.

Dari keterangan diatas manakah yang dapat dikategorikan memiliki system yang baik, apakah perusahaan skala besar dengan manual system yang mereka miliki ataukah usaha kecil yang hanya berdasarkan pengalaman dan kebiasaan.


Secara singkat sebuah system yang baik dapat dikatakan:

1.Mudah untuk dimengerti

mudah disini adalah mudah dimengerti baik oleh Pemilik atau Pelaksana dan juga orang lain yang berhubungan dengan system tersebut dan pelanggan sebagai salah satunya yang harus mendapat perhatian juga.

2.Sesuai kebutuhan

System yang ada harus sesuai dengan kebutuhan/ kondisi saat ini. Sebagai contoh bilamana dalam perusahaan tersebut belum memiliki Sales Coordinator, maka system yang ada saat ini untuk kebutuhan otorisasi jangan dipaksakan ada Sales Coordinator. Mungkin untuk sementara dapat diambil alih oleh Head Marketing.

3.Efisiensi Waktu

System tersebut harus dapat men-support kebutuhan Pelanggan. Apa yang diinginkan Pelangan, tentunya service yang baik dan cepat. Jangan sampai pelanggan harus menunggu sekian lama karena procesing system untuk menghasilkan dokumen yang dibutuhkan, terlebih dokumen tersebut untuk kepentingan internal pemilik system.

4.Disesuaikan dengan kondisi terakhir

System harus dapat mengikuti perkembangan usaha. Tidak dapat sebuah system terus dipertahankan. Mungkin saja system tersebut pada era-nya cukup baik, tetapi karena perkembangan system tersebut menjadi banyak kelemahan. Oleh karena itu harus selalu di-update.

Jadi sebuah system dapat dikatakan baik dapat dilihat dari kriteria diatas dan tentunya dipengaruhi juga dari hal sudut pandang. Dari sudut pandang mana kah Kita melihat system tersebut, apakah dari pemilik system, pelanggan atau pihak lain yang terlibat. Bilamana semua pihak merasa system tersebut membantu aktivitasnya maka system tersebut dapat dikatakan BAIK.


Releted Link :

1. Apa dan Apa Standard Operating Procedure (SOP)

2.Mengenal SOP dalam Perusahaan

3. Review SOP

4. Pengelolaan Dokumen SOP

5.SOP Secara Komputerisasi atau Manual Proses

6.Sebuah System yang baik

7.Kepemimpinan dalam Penerapan SOP

8.Building Management dan SOP

9. 6 Langkah Jitu Mengimplementasikan Good Corporate Governance

10.SOP Pada Perusahaan Jasa Service

11.Kenali Kendala Penyiapan dan Penerapan SOP


  1. bambang
    July 26, 2010 at 8:43 am

    mohon bantuan untuk aplikasi SOP itu apa dan bagaimana, apakah ada bagan atau denah dari suatu produksi, atau berbentuk penggambaran lewat naskah,
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    NB : kalau mau cari contoh gambar /denah dimana yaa ?

    • Bang Toser
      July 26, 2010 at 5:15 pm

      Untuk Mas Bambang……….

      SOP dapat dituangkan dalam bentuk Narasi dan juga Flowchart tergantung dari kebutuhan pengguna SOP tersebut, mana yang menurut mereka lebih mudah untuk dipahami.

      salam,

  2. ariya primindra
    July 9, 2010 at 4:58 pm

    Terimakasih Infonya,…apa anda punya koleksi SOP tentang 1.WAREHOUSE,
    2. TANK TERMINAL
    3. PORT HANDLING
    4. VESSEL OPERATION

    saya tunggu di edisi selanjutnya, pls free contact by an e-mail

  3. ranre
    October 27, 2009 at 12:13 am

    saya lage nulis proposal skripi ttg implementasi sop di perpustakaan….

    bisa bantu cre data ttg SOP di peprus???tao punyak data, fakta, fenomena tao masalah gto ttg sop???

    krim aj ya lwt email…

    maksih sblumnya….

    • Bang Toser
      October 27, 2009 at 8:39 am

      Wah……. sayang sekali saya tidak memiliki data mengenai perpustakaan.
      Tetapi saya punya sedikit pengalaman mengenai central filing yang mungkin mirip dengan perpustakaan.

      Proses yang umum terdapat disana diantaranya :
      1.prosedur penyimpanan dokumen
      2.prosedur peminjaman dan pengembalian dokumen
      3.prosedur pemusnahan dokumen
      4.prosedur akses data elektronik

      mungkin itu saja sebagai gambarannya.

      salam,

  4. firdaus
    October 2, 2009 at 4:12 pm

    Saya jadi mengetahui untuk pengukuran SOP yang sedang dibuat.

    Trims ya Mas.

    • Bang Toser
      October 2, 2009 at 4:20 pm

      Senang dapat membantu

      salam,

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: