Home > OTOMOTIVE ZONE > CARA MENGHEMAT BBM

CARA MENGHEMAT BBM

spbu-pertaminaSalah satu komponen pengeluaran yang terbesar dari pada kendaraan adalah Bahan Bakar, apalagi pada saat ini harga Bahan Bakar sudah cukup mahal dan memberatkan para pengguna.

Berbagai cara dilakukan oleh para pengguna kendaraan untuk menghemat pengeluaran bahan bakar. Ada yang mulai beralih menggunakan alat transportasi lain seperti Kendaraan Umum, Bus Way, Ojek, beralih ke Motor, mengganti jenis BBM dengan menurunkan kwalitas (misal dari Pertamax Plus ke Premium) atau ada juga yang menumpang dengan rekan lain yang memiliki jurusan perjalanan yang sama. Syukur kalo bisa dapat tumpangan gratis tiap harinya, tapi apakah hal ini mungkin…

spbu-shellDari semua hal tersebut diatas manakah yang terbaik… semua alternatif  tersebut diatas, pilihan kembali kepada anda sebagai pemilik kendaraan. Tetapi bagi anda yang tetap ingin membawa kendaraan untuk keperluan transportasi setiap harinya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk penghematan bahan bakar kendaraan anda, diantaranya:

petronas11

1. SERVICE TERATUR

Usahakan melakukan pemeriksaan kendaraan anda secara teratur. Ganti setiap komponen sesuai dengan ajuran pabrikan masing-masing. Yang paling berhubungan dengan Bahan Bakar adalah Oli, Saringan Oli, Busi, Kabulator, Saringan Bensin, Saringan Udara.

Bila anda sering kali melewati jalan yang berdebu, maka lebih baik anda membersihkan saringan udara lebih sering dari yang dianjurkan.

2. TEKANAN ANGIN PADA BAN

Periksa tekanan angin secara teratur, misalnya 1 bulan sekali. Tekanan angin yang kurang akan menyebabkan tenaga yang dikeluarkan untuk menggerakan kendaraan lebih besar dan hal ini menyebabkan pemborosan bahan bakar.

3. CARA MENGEMUDI

Cara mengemudikan kendaraan dapat menjadi salah satu faktor bahan bakar menjadi boros. Kendaraan yang sering ditarik saat gigi awal dan melakukan pengerekan mendadak hal ini tidak dianjurkan.

Usahakan membawa kendaraan dengan tenang, jaga kecepatan dan jangan terlalu banyak menggunakan rem disaat tidak perlu.

4. BEBAN PADA KENDARAAN

Usahakan membawa beban dalam kendaraan sesuai dengan anjuran pabrikan dan tidak berlebihan. Selain dapat merusak kendaraan juga menyebabkan bahan bakar jadi boros.

5. PINDAH GIGI

Lakukan pemindahan gigi sesuai dengan anjuran pabrikan. Jangan memaksakan menggunkan gigi tertentu melebihi anjuran yang biasanya ada di manual book.

6. MEMANASKAN MESIN

Jangan memanaskan kendaraan anda terlalu lama, cukup kisaran 2 menit saja. Memanaskan kendaraan yang terlalu lama apalagi sampai ditinggal untuk melakukan pekerjaan lain menyebabkan bahan bakar terbuang percuma.

7. BAN MOBIL

Gunakan ban dengan ukuran sesuai dengan Pabrikan, menggunakan ban dengan Ring besar memang menambah penampilan kendaraan anda menjadi lebih keren, tapi keren tersebut harus dibayar dengan bahan bakar yang ekstra pula.

8. ACESORIS KENDARAAN

Hindari pemasangan acesorsn kendaraan yang tidak perlu yang hanya menambah beban dari kendaran tersebut

9. PENGGUNAAN AC

Gunakan Air Conditioner dalam kendaraan anda sesuai dengan kebutuhan, bila AC kendaraan anda tidak dingin maka lakukan service AC bukan membuka AC pada tingkat yang lebih besar lagi.

Semoga dengan Tip tersebut diatas kendaraan anda tidak memerlukan dopping lagi seperti pil dan cairan penambah tenaga octan booster juga pemasangan alat penghemat BBM yang banyak beredar dipasaran.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: