Home > STANDARD OPERATING PROCEDURE > Prinsip dalam GCG

Prinsip dalam GCG

Good Corporate Governance (GCG) adalah rangkaian proses, kebiasaan, kebijakan, aturan, dan institusi yang mempengaruhi pengarahan, pengelolaan, serta pengontrolan suatu perusahaan.

Tata kelola perusahaan juga mencakup hubungan antara para pemegang kepentingan (stakeholder) yang terlibat serta tujuan pengelolaan perusahaan. Pihak-pihak utama dalam tata kelola perusahaan adalah Pemegang Saham, Manajemen dan Dewan Direksi. Pemangku kepentingan lainnya termasuk karyawan, pemasok, pelanggan, bank dan kreditor lain, regulator, lingkungan, serta masyarakat luas.

Dalam melakukan GCG ada beberapa prinsip yang perlu diperhatikan diantaranya:

1.Akuntabilitas (accountability)

Prinsip Akuntabilitas beriisi wewenang yang dimiliki oleh Komisaris dan Direksi beserta tanggungjawab kepada pemegang saham dan stakeholders lainnya. Dewan Direksi bertanggung jawab atas keberhasilan pengelolaan perusahaan dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh pemegang saham. Komisaris bertanggung jawab atas keberhasilan pengawasan dan wajib memberikan nasehat kepada Direksi atas pengelolaan perusahaan sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai. Pemegang saham bertanggung jawab atas keberhasilan pembinaan dalam rangka pengelolaan perusahaan.

2.Kewajaran (fairness)
Prinsip kewajaran adalah prinsip pengelolaan perusahaan atau institusi yang didasarkan pada keadilan dan kesetaraan di dalam memenuhi hak-hak stakeholders yang timbul berdasarkan perjanjian dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Seluruh pemangku kepentingan harus memiliki kesempatan untuk mendapatkan perlakuan yang adil dari perusahaan. Pemberlakuan prinsip ini di perusahaan akan melarang praktek-praktek tercela yang dilakukan oleh orang dalam yang merugikan pihak lain. Setiap anggota direksi harus melakukan keterbukaan jika menemukan transaksi-transaksi yang mengandung benturan kepentingan.


3.Pertanggungan-jawab ( responsibility)
Prinsip pertanggungjawaban adalah Prinsip dimana pimpinan  perusahaan dan seluruh karyawan perusahaan melakukan kegiatannya secara bertanggung jawab baik terhadap perundangan yang berlaku, regulasi, kontrak maupun SOP Perusahaan).

4.Keterbukaan (transparancy)

Prinsip transparansi adalah menekanan untuk melakukan keterbukaan  yang tepat dalam hal informasi keuangan, data perusahaan termasuk kinerja didalamnya. Sebagai contoh kerterbukaan adalah proses pengambilan keputusan, mengemukakan informasi hasil Audit dan penyampaian informasi perusahaan kepada stakeholder dan shareholder.

5.Kemandirian (independency)
Prinsip ini menuntut para pengelola perusahaan agar dapat bertindak secara mandiri sesuai peran dan fungsi yang dimilikinya tanpa ada tekanan-tekanan dari pihak manapun yang tidak sesuai dengan SOP perusahaan yang berlaku.

Related Topic Link:

6 Langkah Jitu Mengimplementasikan Good Corporate Governance

Pengelolaan Town House

Apa dan Apa Standard Operating Procedure

Mengenal SOP dalam Perusahaan

Review SOP

SOP ditujukan untuk siapa …???

Pengelolaan Dokumen SOP

Sebuah System yang baik

SOP Secara Komputerisasi atau Manual Proses

Building Management dan SOP

SOP Pada Perusahaan Jasa Service

  1. May 28, 2012 at 1:26 pm

    Mas kalau ada contoh SOP yang dijual, hubungi saya ya… Kami lagi perlu contoh contoh SOP… crocshovu@yahoo.com
    Trims

    • June 13, 2012 at 9:09 am

      Untuk apa contoh SOP…………. kalo perlu contoh lebih baik brosing saja di google. Bila rencana mau buat SOP, lebih baik cari konsultan saja. SOP yang paling sulit adalah implementasinya bukan membuatnya atau bahkan sekedar contoh.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: