Home > STANDARD OPERATING PROCEDURE > Penerapan SOP dalam Family Business

Penerapan SOP dalam Family Business

Perusahaan keluarga adalah sebuah perusahaan yang dimiliki, dikontrol, dan dijalankan oleh anggota sebuah atau beberapa keluarga. Meskipun demikian, bukan berarti bahwa semua pekerja dalam perusahaan harus merupakan anggota keluarga. Banyak perusahaan keluarga, terutama perusahaan-perusahaan kecil, memperkerjakan orang lain untuk menempati posisi rendahan, sementara posisi tinggi dan penting (top management) dipegang oleh orang dari dalam keluarga pemilik perusahaan.

Partisipasi keluarga dalam perusahaan dapat memperkuat perusahaan tersebut karena biasanya anggota keluarga sangat loyal dan berdedikasi tinggi terhadap perusahaan milik keluarganya. Meskipun demikian, seringkali timbul masalah-masalah dalam mengatur perusahaan keluarga.

Tidak sedikit anggota keluarga yang terlibat dalam perusahaan bekerja tidak profesional dan banyak menimbulkan masalah buat perusahaan juga.

Penerapan SOP untuk Family Business memiliki tantangan yang besar, mengingat semua anggota keluarga adalah bos disana, anggota keluarga bisa memerintah atau menolak suatu keputusan bersama meskipun secara struktur posisi mereka mungkin dibawah orang yang lebih tinggi levelnya. Dan orang dengan posisi yang tinggi pun tidak bisa berbuat profesional menimbang keamanan karir beliau di kursi yang empuk yang dia tempati saat ini. Pejabat ini takut akan kehilangan posisinya…………akhirnya hanya bisa menerima keadaan. Member of Family Business dengan seenaknya melakukan sesuatu dengan tanpa resiko ada pemecatan, so dalam hal ini tidak berlaku Punishment bagi kalangan keluarga sedangkan untuk Reward pasti sangat wajib harus ada bagi mereka.

Bukan tidak mungkin dan pernah abang mendengar pemberitan bahawa mereka anggota keluarga juga selain bekerja untuk perusahaan tetapi mereka memperkaya diri sendiri dengan kekuasaan mereka di perusahaan itu, sedangkan fungsi kontrol tidak ada disana… walaupun ada dapat dipastikan tidak akan bertahan orang yang di tempatkan di posisi itu karena mendapat tekanan dari kalangan keluarga.

Penerapan SOP dalam kondisi seperti ini adalah hampir tidak mungkin dapat berjalan dengan baik dan dapat diterima oleh semua pihak. Mungkin dapat dikatakan keberhasilan penerapan SOP sangat kecil selama mereka (Member of Family Business) tidak bisa terbuka untuk profesional.

Contoh ciri khas kerja di family business yang umumnya terjadi diantaranya:

  1. Karyawan dari kalangan keluarga biasanya tidak disiplin dalam hal absensi, cuti
  2. Anggota keluarga dalam perusahaan bertindak sesuka hati karena tidak ada resiko punishment dan yang terburuk dipecat. Bertindak dalam hal pengeluaran uang, pembelian, dll.
  3. Anggota keluarga dalam perusahaan tidak bisa diskusi, yang ada lebih banyak intruksi.
  4. melakukan penunjukan langsung untuk pengadaan
  5. Karyawan dari kalangan keluarga memberikan perintah kepada siapa saja yang dia suka. Yang diberi perintah belum tentu memiliki keahlian yang diperlukan.
  6. Bidang yang kata orang dikatakan basah, akan diisi oleh anggota keluarga, misalkan keuangan, pengadaan barang dan jasa, tender.

Langkah-langkah pembuatan dan penerapan SOP dalam Perusahaan Family Business yang dapat dilakukan diantaranya:

  1. Meyakinkan manajemen atau pemilik akan resiko yang akan timbul bila perusahaan tidak disertai dengan SOP yang jelas.
  2. Meyakinkan manajemen akan adanya internal kontrol yang lebih baik
  3. Masuk dan melakukan pendekatan kepada generasi baru dalam lingkungan keluarga yang mungkin memiliki pandangan yang lebih terbuka.
  4. Gunakan pihak ke-3 dalam melakukan perubahan, bisa dengan konsultan yang menyuarakan pembaharuan.
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: